Tetap Menarik Perhatian Meski Terbengkalai

Kota Mati di Dunia – Ada banyak tempat di belahan bumi ini yang menyimpan kisah masa lalunya. Kali ini GoTravelly akan membagikan wawasan kecil untuk sobat traveler mengenai tempat-tempat yang tak lagi berpenghuni.

kota mati di dunia
unsplash.com

Beberapa kota mati berikut ini memiliki kisahnya masing-masing, ada yang ditinggalkan karena sebuah bencana atau kota menjadi tak berpenghuni akibat tragedi mengerikan yang terjadi. Kota-kota mati di dunia akan selalu menjadi saksi bisu sebuah perjalanan waktu. Penasaran bagaimana kisah di balik kota mati yang ada di bumi ini? simak di bawah ini.

Mengenal Kota Mati di Dunia

1. Oradour Sur Glane – Prancis

oradur sur glane
flickr.com

Kota berikut ini mulanya adalah sebuah desa pertanian yang hijau. Desa yang terletak di dekat Clermont Ferrand ini, dihuni oleh sedikitnya sekitar 350 jiwa manusia. Kejadian mengerikan terjadi selama masa Perang Dunia II.

Di mana desa yang berada di zona Perancis dan diduduki Jerman tersebut diluluhlantakkan oleh Waffen SS (Partai Nazi). Selama kekejaman itu berlangsung, ada banyak korban jiwa yang direnggut nyawanya secara brutal. Para laki-laki, dibunuh dan ditembak di lumbung, sementara perempuan dan anak-anak dikurung dalam gereja, lalu diledakkan tanpa ampun.

Kejadian tersebut tercatat terjadi pada tanggal 10 Juni 1944, dan semenjak itu, Oradur Sur Glane dikosongkan dan tak lagi dihuni sebagai simbol dari peristiwa kejahatan manusia yang melibatkan Jerman dengan warga sipil di Eropa.

2. Pripyat – Ukraina

pripyat kota mati di ukraina
flickr.com

Kota mati di dunia selanjutnya adalah sebuah tempat yang menjadi lokasi bencana nuklir Chernobyl yang ada di Ukraina. Kecelakaan yang cukup ikonik tersebut, terjadi pada tanggal 26 April 1986.

Pripyat merupakan sebuah nama daerah yang telah distatuskan sebagai kota pada tahun 1979, beberapa waktu sebelum musibah nuklir terjadi. Kota tersebut menjadi rumah bagi para pekerja pembangkit listrik Chernobyl.

Saat kejadian terjadi, seluruh penghuni kota dievakuasi dan dikeluarkan agar berada dijangkauan area yang terbebas dari kontaminasi radiasi. Setelah kejadian tersebut, Pripyat tak lagi dihuni oleh siapapun. Kota tersebut telah bebas dari campur tangan manusia.

Saat ini Pripyat menjadi salah satu kota mati di dunia yang menarik banyak perhatian orang untuk dikunjungi. Semakin tahun, pengunjung yang datang ke Pripyat tersebut semakin bertambah untuk menyaksikan hutan kota yang tak terpelihara milik Ukraina tersebut. Apakah kamu tertarik untuk datang ke sini sobat GoTravelly?

3. Craco – Italia

craco kota mati di dunia
flickr.com

Saat melihat siluet foto dari kota di Italia berikut ini, mungkin kamu akan memahami mengapa Craco dijuluki sebagai kota mati yang menawan di dunia, apakah kamu setuju? Pada akhirnya alasan utama yang menjadikan kota cantik ini ditinggalkan adalah bencana alam.

Mulanya, kota di ujung selatan Italia ini mengalami musibah tanah longsor sekitar tahun 1960-an. Musibah tersebut terjadi disebabkan karena adanya pada saluran pembuangan dan saluran air kota. Puncaknya, Craco ditinggalkan pada tahun 1980, di mana bencana gempa bumi Irpinia mengguncang dengan dahsyat Italia.

Kini sisa dari bangunan yang ada di Craco menjadi salah satu tujuan destinasi yang cukup popular dari Italia. Lanskap klasik yang artistik tersebut pun juga telah berhasil menarik hingga dijadikan salah satu set lokasi film popular James Bond “Quantum of Solace” pada tahun 2008.

4. Kolmanskop – Namibia

kolmanskop
pxhere.com

Tak semua kota mati di dunia dijuluki sebagai kota berhantu, tapi Kolmanskop adalah salah satu yang menyandang julukan tersebut. Mulanya kota berikut ini adalah sebuah tempat yang sempat terkenal dan didirikan setelah seorang pekerja lokal bernama Zacharias Lewala menemukan berlian pada tahun 1908.

Kolmanskop dibangun dengan cantik dan menyerupai kota yang ada di Jerman. Di mana kota tambang berlian terbesar milik Namibia tersebut memiliki banyak bangunan, seperti ballroom, kasino, hingga sistem trem.

Kehidupan di kota tersebut sangat baik, bayangkan saja setiap orang bisa mendapatkan berlian dari dasar gurun. Itulah yang menjadikan Kolmanskop dikenal sebagai kota terkaya pada masa itu.

Namun dalam perjalanan kisah tambang yang ada di sana, aturan regulasi pun diberlakukan. Pemerintah Jerman menunjuk seluruh daerah Namibia adalah kawasan sperrgebiet atau daerah terlarang. Aturan menciptakan sebuah akses untuk orang-orang tertentu. Ketidak adilan untuk masyarakat biasa pun terjadi.

Namun kisah memilukan tersebut tak berlangsung lama, karena pada akhirnya berlian yang tertanam di tanah tersebut telah habis tergali oleh penambang intensif. Setelah tambang tersebut kosong, satu persatu orang pun pergi meninggalkan Kolmasnkop. Begitulah kisah akhir dari kota yang menjadi mati dan tak berpenghuni. Kini yang tersisa hanyalah sebuah bangunan-bangunan tua dan sebagian banyak telah ditenggelamkan oleh pasir gurun.

5. Houtouwan – China

houtouwan kota tak berpenghuni di dunia
flickr.com

Penampakan yang unik akan kamu dapatkan dari kota tak berpenghuni di Houtouwan yang ada di China berikut ini. Kota tersebut terletak di sebuah pulau bernama Shengshan yang lokasinya dekat dengan Shangai.

Berbeda dengan kota-kota mati di dunia sebelumnya, Houtouwan memiliki alasannya sendiri hingga pada akhirnya tak lagi dihuni. Lokasi kota yang satu ini berada di titik yang cukup terpencil hingga akses pun sulit untuk menjamahnya.

Keterpencilan tersebut, membuat masyarakat di Houtouwan mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses hidup dalam mencari makan. Selain itu, ada juga masalah pendidikan yang membuat sumber daya manusia di sana tak dapat mengakses pendidikan dengan mudah.

Berdasarkan alasan tersebut, sejak tahun 1990 Houtouwan perlahan mulai ditinggalkan hingga akhirnya kosong tak berpenghuni. Tak butuh waktu lama sejak ditinggalkan, alam yang melingkupi sekitar kota Houtouwan mulai menjadi liar dan membingkai setiap bangunan yang ada di sana. Kini, pemandangan yang mungkin terkesan seperti di sebuah dunia fantasi tersebut menjadi salah satu tempat wisata popular yang banyak memikat perhatian para turis mancanegara.

6. Bodie – California

bodie
unsplash.com

Berikutnya ada sebuah kota dengan suasana sunyi, lengang, namun mungkin akan tetap memikat untuk dinikmati sebagai kota tak berpenghuni. Saat mengedarkan pandangan di sini, kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan dari kota penambang yang tak bertuan lagi.

Bodie dikenal sebagai salah satu kota mati di dunia yang dulunya pernah menjadi kota terkenal pada akhir abad ke 19. Kota berikut ini berada di bagian utara Sierra Nevada, California.

Alasan utama terkenalnya Bodie tak lain adalah ditemukannya lapisan emas yang berlapis-lapis pada kota tersebut. Mulanya hanya ada beberapa pencari emas saja, hingga pada akhirnya para penambang semakin bertambah ratusan ribu orang dengan ditemukannya surga yang menjadi sumber tersebut.

Kehidupan yang awalnya tak ada hiruk pikuk, kemudian berubah dengan adanya tanda sebuah pembangunan fasilitas mewah yang melingkup di Bodie. Kota tersebut pun bergerak masif dengan sumber penghasilan tambang emas. Di samping itu, Bodie juga dikenal sebagai kota dengan peringkat pelanggaran hukum yang tinggi dan kasus kekerasan yang tak sedikit.

Pada akhirnya kejayaan kota emas ini mulai memudar di awal abad ke 20 dengan tanda bangkrutnya perusahaan tambang yang ada di sana. Seiring dengan banyak perkembangan di kota-kota lain, populasi di kota ini mulai berpindah dan mencari tempat kehidupan yang baru. Begitulah Bodie, sebuah kota yang tak lagi kaya namun sisa-sisa bangunan kotanya masih mendapat perhatian para wisatawan.

source: https://www.youtube.com/@topfives

Sobat GoTravelly itulah beberapa kota mati di dunia yang dapat menjadi referensi destinasi wisata untukmu. Ada banyak tujuan wisata lainnya yang unik dan menyenangkan untuk dijelahahi. Temukan semuanya di GoTravelly!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *